Senin, 21 Mei 2012 | By: Choliday_21

Tips Memilih Kos-Kosan

Sebagian besar orang ingin selalu dekat dengan keluarga di rumah tercinta, seakan telah terpahat dalam pikiran mereka sebuah ungkapan “Home Sweet Home”. Namun, dalam kondisi tertentu seseorang harus benar-benar meninggalkan keluarga, meninggalkan kampung halaman, meninggalkan “sweet home” mereka dan harus merindukan bantal dan guling kesayangan yang mereka peluk tiap akan menuju tidur. Situasi itulah yang membuat seseorang harus mulai menjalani kehidupan mandiri di kos-kosan. Terutama bagi pelajar yang baru lulus SMA dan harus merantau kuliah ke luar daerah.., berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menjalani kehidupan kos-kosan:

1. Tengoklah Dompet dan Perhatikan Berapa Budget Kita
Masalah budget sangatlah penting untuk diperhatikan karena di jaman sekarang semua serba uang. Mungkin ada yang murah tapi ingatlah tak ada yang GRATIS. Kita perlu mengkalkulasi semua kebutuhan yang berhubungan dengan uang, karena pengeluaran anak kos bukanlah hanya bayar uang kos saja. Perlu diperhatikan berapa uang yang kita butuhkan untuk makan, kebutuhan sehari-hari, kebutuhan kuliah dan keperluan lain-lain.

2. Seperti apa saya
Sebelumnya, terdapat 3 tipe kos-kosan, yang pertama yaitu kos-kosan model asrama, dimana dalam satu deret bangunan semuanya berpenghuni anak kos, otomatis kos-kosan jenis ini akan ramai. Tipe kos-kosan yang kedua adalah dimana anak kos tinggal dalam satu rumah dengan pemilik kos, biasanya dalam satu rumah hanya terisi 2 sampai tiga anak kos. Tipe yang ketiga adalah kos-kosan yang menerima Cowok dan Cewek (Kos-kosan jenis ini tidak dianjurkan)

a. Saya Suka Keramaian
Untuk anda yang suka dengan keramaian, anda dapat memilih tipe kos-kosan model asrama. Keuntungan dari kos tipe ini adalah anda bisa banyak teman dan tidak bosan karena ada teman ngobrol. kerugiannya adalah biasanya tipe kos seperti ini rawan pencurian.

b. Saya Suka Ketenangan
Pilihlah Kos-kosan tipe kedua, anda akan mendapatkan suasana yang tenang, biasanya 2 atau tiga teman kos lainnya memiliki kepribadian sama dengan anda. Sangat jarang pencurian, namun mungkin ada saatnya anda akan bosan sendirian.

3. Periksa Kos sebelum katakan sepakat
Setelah anda cocok dengan kondisi kos tertentu, jangan lupa untuk memeriksa masuk kedalam kamar kos untuk memeriksa apakah kamar sesuai dengan yang diinginkan, jangan pernah berkata sepakat sebelum melihat detail ke dalam kamar yang anda pilih.

4. Tanyakan tentang biaya kos tambahan
Sebagian besar kos-kosan membebankan biaya tambahan untuk peralatan elektronik yang kita bawa semisal laptop atau rice cooker. Lebih baik tanyakan dulu dan jangan sungkan/malu untuk menawar. Misal bila tiap peralatan elektronik biaya tambahannya adalah 15000, maka anda bisa menawar 20000 untuk 2 barang.

5. Pembayaran uang Kos
Perlu diketahui bahwa tidak semua pemilik kos-kosan mau menerima pembayaran bulanan, sebagian dari mereka mematok harga per semester bahkan per tahun. Lebih baik anda mencari dan memilih kos-kosan yang menerima pembayaran bulanan hal ini untuk menjaga kemungkinan suatu saat anda merasa tidak nyaman dengan kos anda dan akan pindah kos. Jadi uang kos anda tidak hangus.

6. Keamanan Kos
Selain kunci kamar yang diberikan pemilik kos, apabila anda khawatir dengan keamanan barang berharga anda sebaiknya menambahkan sendiri gembok pada pintu kamar anda yang mana hanya anda yang memiliki kuncinya. Karena khawatir kunci pintu kos anda telah digandakan oleh peghuni kamar sebelumnya atau pun orang lain

7. Menu Makan
Lingkungan kampus banyak menyediakan beragam makanan dengan bermacam harga, lagi-lagi masalah budget. Pilihlah makanan sesuai budget anda, jangan karena ikut-ikut teman, jangan pula malu dengan selera makan anda. Perlu ditanamkan bahwa anda adalah anak kos dan Anda adalah diri anda sendiri, bukan orang lain.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ciehh... suit2..

Choliday_21 mengatakan...

aposeehhh..hahaa..., ayo kos bareng..wkwkw

Posting Komentar