Kamis, 03 Mei 2012 | By: Choliday_21

Sate Lalat.., Mau..?


Sate Lalat.., Mau..?


                SATE. Sudah kita ketahui bahwa sate adalah nama dari sebuah makanan yang berupa potongan daging kecil yang ditusuk dengan rautan bambu kecil berukuran sekitar satu jengkal.
Kuliner yang menjadi khas Madura ini juga mulai diminati oleh masyarakat dari seluruh Indonesia (yang saya tahu banyak orang Madura yang merantau ke luar pulau berjualan Sate Madura, di pulau Jawa dan Kalimantan khususnya).

Di Madura sendiri terdapat bermacam-macam Sate yang dijual oleh pedagang (mayoritas pedagang kaki lima). Beberapa macam sate yang biasanya dijual adalah Sate Kambing, Sate Daging (Sapi), Sate Ayam, Sate Kelinci, dan yang paling digemari ialah Sate Lala’ (LALAT).

Apa..LALAT..?

Mungkin bagi yang baru pertama mendengar nama kuliner ini tidak akan mau merasakan seperti apa rasa Sate Lalat ini. mungkin pula bertanya-tanya, bagaimana mungkin kita memakan hewan kecil pembawa kotoran.? Bagaimana mencucinya.?, dan lain-lain.

Sate lalat tidak seperti yang kita pikirkan, dan tidak seperti apa yang kita bayangkan dari namanya. Sate lalat tidak jauh berbeda dari Sate yang biasa kita temukan dan kita makan. Lalu kenapa sate lalat..? yang membedakan adalah ukuran daging yang sangat kecil dan dianggap seperti lalat, meskipun tidak sekecil lalat tentunya. Bila pada sate ayam atau kambing ukuran dagingnya sebesar jempol kita, berbeda pada sate lalat yang besarnya hanya seujung jari kelingking, dan rasanya lebih gurih karena daging akan masak secara merata.

Mengenai harga, karena ukuran dagingnya yang kecil sate lalat lebih murah dari sate biasanya yaitu dengan harga Rp.6.000,00 anda bisa menikmati 12 tusuk sate.


Berikut  Tips yang saya berikan untuk Mengolah Sate LALAT beserta bumbunya:

1. potong daging menjadi potongan-potongan kecil kira-kira seujung jari kelingking dan cuci bersih. Agar daging tidak alot/keras, sebelum ditusuk sebaiknya sate dibungkus dengan daun pepaya, setelah sekitar satu jam baru ditusuk dengan rautan bambu.

2. Bumbu Sate
a. Sebelum dipanggang
Kecap Manis + Jeruk Nipis + Bawang Merah + Garam (Campurkan bahan tersebut sesuaikan dengan jumlah sate yang akan dipanggang), masukkan sate ke bumbu tersebut kemudian panggang.
a. Setelah dipanggang
Kecap Manis + Jeruk Nipis + Garam + Kacang yang telah dihaluskan + Irisan Cabe Rawit dan bawang merah. Masukan Sate ke Bumbu tersebut agar bumbu meresap dan sate siap dimakan.

3. Agar lebih nikmat, makanlah sate saat masih hangat dan bisa disajikan bersama Lontong.

0 komentar:

Posting Komentar