Jumat, 25 Mei 2012 | By: Choliday_21

Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan


Pamekasan, Salah satu bangunan yang cukup di kenal di Kabupaten Pamekasan terutama oleh masyarakat Madura adalah Masjid Jami’ / Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan. Masjid Agung As-Syuhada ini terpampang kokoh tepat di jalan Mesigit No.23 Pamekasan.

Lokasi Masjid ini juga berdekatan dengan 2 bangunan penting lainnya, yaitu monumen Arek Lancor dan bangunan Karesidenan Madura yang dulu menjadi pusat pemerintahan di madura.


Masjid ini dibangun atas dasar semua golongan, tidak membeda-bedakan golongan yang satu dengan yang lainnya dalam beribadah. “Masjidnya semua Golongan dan dikelola dengan amanah dan mengedepankan kepentingan umat” begitulah terpampang dalam situs blog Masjid As-Syuhada ini.

Masjid Agung As-Syuhada juga menjadi salah satu objek wisata religi bagi para wisatawan. Di musim liburan biasanya banyak wisatawan menyempatkan diri untuk singgah ke Masjid As-Syuhada. Rombongan para wisata religi dengan kendaraan Bis sering terlihat singgah di Masjid terbesar di Pamekasan ini.

Masjid ini selalu ramai di waktu-waktu shalat. Satu hal yang membuat anda nyaman menyempatkan diri shalat di Masjid ini adalah anda bisa menikmati keadaan yang kontras dengan cuaca di Pamekasan yang cukup panas. Saat anda memasuki area masjid anda seakan berada di bawah pepohonan rindang dengan tiupan angin yang sejuk. Banyak orang senang dengan suasana seperti itu, setelah menunaikan shalat mereka masih menyempatkan diri beristirahat menikmati desiran angin yang sejuk sambil menikmati hiruk pikuk jantung kota pamekasan. Oia.., area monumen Arek Lancor juga bisa di nikmati dari Masjid ini karena letakknya yang cukup tinggi.

Masjid Agung As-Syuhada tidak hanya digunakan untuk tempat beribadah shalat saja, namun juga digunakan dalam acara keagamaan lainnya, seperti perayaan hari-hari besar islam, oia juga dapat digunakan untuk acara akad nikah sekaligus walimahan.

Bagi Masyarakat Pamekasan dan sekitarnya juga dapat mendengarkan saluran gelombang radio Masjid Agung As-Syuhada dengan nama Stasiun Radio Gerbang Salam, 88,6 FM. Masjid Agung As-Syuhada juga disertai akun E-mail : masjidjamik@gmail.com


Cukuplah demikian info yang saya ketahui seputar Masjid Agung As-Syuhada / Masjid Jami’ Pamekasan, ingin lebih jelasnya..? langsung saja meluncur ke Pemekasan. Semoga bermanfaat..!!

Fuad Cholidi Arifin

0 komentar:

Posting Komentar