Jumat, 24 Mei 2013 | By: Choliday_21

Edisi Penanggungan

Semangat Hati. Tulisan kali ini tentang perjalanan yang begitu menantang menaiki gunung Penanggungan. Gunung runcing yang terdapat di antara Pandaan dan Mojokerto ini berhasil kami daki hingga puncak kemarin (18-19/05/2013).

Langsung saja yaa, tanggal 18 Mei 2013 kemaren kami berangkat dari Kanwil DJBC Jatim II, Malang pada pukul 15:00 WIB, molor sedikit dari rencana awal yaitu pukul 13:00 WIB...heee. kami pun langsung meluncur dari kota Malang dengan mobil. Setelah beberapa kali singgah untuk mengisi bensin, makan, sholat dll akhirnya kami sampai pada start pendakian pada pukul 20:30 WIB.

Sebelum memulai pendakian, kami masih berunding terlebih dahulu apakah akan langsung memulai pendakian atau menunggu sekitar pukul 23:00 malem dengan pertimbangan bahwa hujan barusaja reda dan masih gerimis dan estimasi pendakian sekitar 3-4 Jam. Akhirnya setelah perundingan yang rumit serumit sidang kabinet Indonesia Bersatu Jilid II kami memutuskan untuk mendaki saat itu juga.., *Bismillah* jreeeennggg.., setelah sedikit briefing dari senior dan berdoa kami pun melangkah menyusuri jalan setapak awal menuju lereng tempat pendakian. Jam 21, lebih sedikittttt.. :D

MULAI. Tantangan awal adalah melewati jalan sempit dan becek dengan semak dan ranting di sebelah kanan dan kiri dengan kemiringan pendakian sekitar 25 s.d. 30 derajat. No matter, dengan mudah kita lewati rintangan pertama dengan bantuan senter sebagai mata ketiga kami.

Masih dengan bantuan senter, trek selanjutnya adalah kombinasi semak dan batu berlumpur yang licin dengan kemiringan pendakian sekitar 45 derajat, di trek yang ini kami mulai mengeluarkan usaha yang lebih untuk mendaki dari batu yang satu ke yang lain. Dalam perjalanan teman-teman semua sambil ngobrol dan bercanda kesana-kemari untuk menghilangkan kebosanan dan agar tidak terlalu merasa capek, dan yang paling parah candaannya adalah kent*t yang dibagi-bagi aromanya kepada semua anggota tim..haaa. Beberapa kali kami sempatkan untuk istirahat di perjalanan sembari mengisi BBM yang mulai berkurang.

Ikan Cucutttt.., Lanjuttt pada trek selanjutnya yaitu trek menuju puncak bayangan, sebenarnya sama sih jenis treknya kayak sebelumnya namun ditambah trek gundukan tanah berumput dan dengan kemiringan hingga kisaran 60 derajat., pada bagian ini saya mulai menemukan kesulitan yang berarti, teknik merayap sering saya lakukan karena saya takut tergelincir.., pada bagian ini saya tidak biasakan untuk menoleh ke belakang karena saya akan melihat tebing yang curam dari posisi saya (ga nyangka aja sudah setinggi itu dan udara sudah mulai dingin), akhirnya sampai juga kami di puncak bayangan, rasa lega dan puas sangat terasa sambil istirahat sejenak menikmati kerlap-kerlip lampu di daerah pandaan. Dan sudah menjadi tren yaitu saatnya foto-foto..jepreeett..jeprettt.., sementara sebagian lagi sibuk update status dan check-in di foursquare..haaa.., tentu saya juga.. :p

Menuju puncak, gemilang cahayaaa..haha.. AFI. Yahh.., kami pun melanjutkan pendakian ke puncak yang sebenarnya.., ternyata masih menjulang di depan mata.., kali ini treknya benar-benar ekstrim, kombinasi batuan besar, kerikil dan rerumputan.., sekali tergelincir mungkin akan DO..haa.., gaya merangkak saya pun semakin menjadi-jadi.., semakin melihat ke bawah semakin ingin cepat-cepat naik ke atas karena ngeriiiiiii.., bahkan sesaat sebelum mencapai puncak saya sempat diam dan berkhayal +andaikan besok ada helikopter yang landing di puncak dan membawa kita turun+ , khayalan yang didramakan oleh pikiran takut dan ngeri.., bagaimana saya besok bisa turun dengan cahaya yang sudah menerangi tebing dan semua akan terlihat begitu curam..OMG.., akhirnya pun kami sampai pada puncak teringgi Gunung Penanggungan pukul 03.00 WIB (ternyata sekitar 5 jam lebih kami mendaki), tidak terasa menghabiskan waktu selama itu, tapi sungguh terasa se pegal itu kaki kita..heee. Sudah bisa ditebak kan bagaimana reaksi teman-teman setelah sampai dipuncak,,, teriakan puasssss cetarr membahana di puncak Penanggungan..WOW.., dan 30 menit kemudian mulailah lomba ngorok di puncak gunung.. :D

Zzzzzzzzzz..., pagi pun menjelang, ayam-ayam sudah mulai berkokok.. (padahal ga ada ayam). Saat yang tepat untuk berpose.., hahaaa.., semua orang sibuk dengan Pose dan kamera.., sudut yang ini, sudut yang itu..haa.., seru banget, bahkan ada pose massal yang diabadikan yaitu Pose lagi kencing berdiri.., berakhirlah pose-posenya dan saatnya berkemas-kemas persiapa untuk turun.

Pukul 07.30WIB kami mulai menuruni tebing curam.., sungguh luar biasa ngeriiiiii..., tapi akhirnya saya dan teman-teman lainnya sampai di base pendakian dengan selamat namun dengan kaki yang gempor dan gemeteran..heee.., that’s all, What a nice advanturing..

Nih beberapa hasil jepret kita...haaa.., semacam waw

Niiii Foto di Kantor sebelum berangkat ke Penanggungan (well planned)

Nihh.., uda sampai di lokasi sebelum mulai mendaki tuh gunungg, sempatin eksis dulu donkkk..!!

Ini Foto pas nyampe di puncak bayangan yang ternyata masih harus mendaki jauh lagi untuk sampai ke puncak yang sebenarnya...Hufttt

Beginilah kami tidurrrrrrrr,,,,, outdoor sleeping..haaa, dinginnya ampun dehhhh

Sebagian juga bubug di dalem tenda iniiiii..., ahhh cemen yaa..wkwkw

Another view.., lepas dan terlihat bebassss ohhh indahhnyaa...ciatt ciaatt

Jangan macem-macem sama ni oranggg.., ini yang punya blog boss..haaa

Ini bukan teletubies lohh yaaaaaa...

Wohhhhh Kerennn.., Men of Rumdin..haaa sebelum turun gunung nihh..

Lihat kannn, betapa curamnyaaaaaa...

Eksis duluuuu.., sebelum lanjut turunn (masih di puncak bayangan)

Betapa leganya telah sampai kembali di base.., hahaha.. *yang punya blog tuh ampe telanjang dada paling depan..wjkwkwkw