Senin, 14 Mei 2012 | By: Choliday_21

Pantai Cemara Udang “Lombang”

Sekian banyak pantai yang ada di pulau garam ini. Salah satu pantai yang paling menarik perhatian para pelancong adalah pantai Lombang yang ada di kabupaten sumenep, Madura. Pantai yang tercatat sebagai satu dari dua pantai di dunia yang memiliki hamparan tanaman cemara udang ini (satunnya lagi di china)
sangat luas dengan butiran pasir putih yang halus dan tak berkarang. Berdasarkan pantauan situs http://surabaya.detik.com/ Pengunjung pantai lombang Desember tahun 2008 lalu setiap harinya sekitar 1200 pengunjung, dan akan membengkak ke angka 75.000 pengunjung saat liburan, terutama libur Hari raya Natal dan idul fitri.

Menuju ke Pantai Lombang dari pusat kota sumenep kita akan menempuh waktu sekitar satu jam, di perjalanan menuju pantai lombang anda akan menikmati suasana khas madura khususnya sumenep, semakin dekat ke pantai lombang anda akan merasa nyaman melihat rimbunnya pepohonan di kanan-kiri jalan.

Memasuki kawasan wisata pantai lombang anda akan disuguhi dengan banyaknya tanaman cemara udang baik yang tumbuh secara alami ataupun dibudidayakan oleh para penduduk setempat, cemara udang yang dibudidayakan ini untuk dijual kepada pelancong.

Kondisi cuaca Pulau Madura yang katanya Panas tidak terasa ketika anda sampai di Pantai lombang dan duduk dibawah rindangnya pohon cemara udang bersama keluarga sambil menikmati riak air laut di tepian pantai. Hamparan pasir putih di pantai lombang ini sangat cocok untuk bermain. Biasanya banyak anak kecil yang bermain bola ataupun membuat rumah pasir, juga terdapa bola-bola pasir kecil yang merupakan rumah kepiting-kepiting mini yang seukuran ujung kelingking, banyak anak kecil yang mencoba menangkapnya karena biasanya saat didekati kepiting ini akan masuk ke dalam lubang-lubang kecil.


Pantai lombang memang cukup memuaskan dengan hamparan butiran pasir sepanjang 12 km, dan sepanjang pantai dihiasi dengan ribuan tanaman cemara udang yang rimbun. Beberapa orang juga biasanya menikmati rimbunnya tanaman cemara udang ini dengan berjalan menyusuri pantai di bawah rimbunnya pohon. Keberadaan hamparan ribuan tanaman cemara udang yang rimbun ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara, karena memang ribuan tanaman cemara udang yang tumbuh alami hanya ditemui di dua tempat yaitu di Pantai Lombang dan satu tempat lainnya yaitu di China. Wisatawan dari luar negeri biasanya mendatangi pantai lombang di sekitar bulan Agustus hingga september. Hal ini karena mereka biasanya menikmati satu paket wisata dengan Karapan Sapi yang diadakan di bulan Agustus-September di Kabupaten Pamekasan.

Ombak di Pantai Lombang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk bermain air dan berenang atau olah raga air lainnya. Bagi mereka yang tidak bisa berenang dapat menyewa pelampung.

Bagi anda yang bersedia membayar uang lebih, anda bisa menikmati fasilitas-fasilitas khusus yaitu:
1. Menikmati pesta Bakar-bakar ikan di malam hari
2. Menikmati kesenian berupa musik dan tari-tarian khas madura
3. Menikmati fasilitas penginapan yang unik yaitu sebuah penginapan berupa pondok-pondok yang terbuat dari kayu balok, berdindingkan rotan, beratapkan ranting dan daun-daun cemara udang yang kering, dan satu lagi pondok-pondok ini berlantaikan pasir sehingga nampak natural. Pondok-pondok ini juga dihiasi dengan perabotak dan ukiran-ukiran khas madura.
Fasilitas-fasilitas seperti di atas biasanya dinikmati oleh pelancong dengan paket wisata tertentu, terutama para wisatawan manca negara yang ingin merasakan keunikan dan kenaturalan hidup di tepi pantai.
Bagi anda penggemar tanaman bonsai, anda dapat membeli bonsai dari tanaman cemara udang yang dijual di sepanjang jalan kawasan wisata pantai lombang.., jangan lupa untuk nego harga..!!
Untuk diketahui, tiket masuk ke Pantai lombang adalah Rp.10.000/orang, dan akan mendapat potongan bila berkunjung dalam kelompok atau jumlah tertentu.
This is Madura.., Tetap lestarikan warisan alam Indonesia, selamat berwisata..!!

2 komentar:

Bhibin mengatakan...

Destinasi Wisata Madura memang keren2., aku suka kalo liburan di Obyek Wisata Pantai Lombang dan Pulau Gili Labak Sumenep.

Choliday_21 mengatakan...

Iyaa mas...Alhamdulillah, semoga kedepan pemdanya lebih baik lagi..., dan bisa kembangkan daerah potensial utk objek wisata terutama daerah pantai utara dan pulau2 kecil lainnya...

Posting Komentar