Kamis, 03 Mei 2012 | By: Choliday_21

Tidur yang Baik dan Sehat


Tidur yang Baik dan Sehat


                Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk hidup. Tidur merupakan sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan kejenuhan, mengobati rasa lelah, dan mengistirahatkan seluruh indra yang kita punya. Tidur sejatinya memberikan perasaan nyaman dan semakin baik saat terbangun, pikiran kembali segar, dan tubuh hilang dari kelelahan.

       Namun tidak semua bisa merasakan hal seperti itu, tidak jarang kita justru akan merasakan lelah, tubuh terasa sakit, ngilu dan bahkan pikiran kita menjadi sangat kacau atau ketakutan. Mungkin terasa sepele, namun kita perlu untuk memperhatikan bagaimana seharusnya tidur yang baik dan sehat agar tidur kita berkualitas dan memberikan efek ketenangan dan kenyamanan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan sehat;
Waktu Tidur
Sebagian besar masyarakat indonesia setidaknya memiliki kebiasaan tidur 2 kali sehari yaitu tidur siang dan malam hari. Hal ini wajar mengingat Indonesia adalah wilayah tropis yang panas sehingga lebih cepat merasa lelah dan dehidrasi yang menyebabkan kantuk. Namun perlu juga memperhatikan waktu-waktu tertentu yang mungkin akan membuat tidur anda menjadi sia-sia bahkan anda bisa saja merasa lebih lesu dan pikiran yang kacau.
Waktu-waktu tertentu itu adalah menjelang pagi antara pukul 4 sampai pukul 7 pagi dan menjelang malam antara pukul 4 sampai pukul 7 malam. Hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tersebut merupakan peralihan suasana dari siang ke malam dan dari malam ke siang. Anda yang tidur pada waktu-waktu itu kemungkinan besar akan mengalami mimpi-mimpi yang aneh yang bisa mengganggu pikiran anda, misalnya semacam mimpi buruk, dan saat terbangun seolah anda telah melewati waktu yang lama karena anda merasa lesu padahal saat itu mungkin anda baru satu jam tertidur. Merasakan pusing adalah efek buruk yang akan anda rasakan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa tidur pada waktu-waktu tersebut dapat menyebabkan kemalasan terutama pada remaja.

Lokasi Tidur
Tidur yang paling memberikan efek relaksasi adalah tidur di tempat yang sejuk dan teduh karena sistem pernafasan yang tetap bekerja saat tidur tidak terforsir. Akan berbeda bila anda tidur di ruangan yang pengap apalagi terdapat cahaya matahari yang tembus lewat jendela menerpa tubuh anda, dalam keadaan ini tidur anda akan gelisah karena dalam keadaan setengah sadar anda akan banyak bergerak menghindar dari cahaya ini. Keadaan seperti ini juga akan membuat anda mudah mengalami kram otot, dan tekanan panas yang berlebih membuat temperatur tubuh anda meningkat, untuk menguranginya biasanya secara reflektif mulut anda terbuka lebar untuk membantu mengeluarkan panas tubuh. Keadaan ini membuat anda tidak nyaman, merasakan pusing dan akan berkeringat.

Posisi Tidur
Posisi tidur yang sehat dan paling dianjurkan ialah posisi tidur miring kearah kanan. Karena dengan posisi ini tidak ada organ tubuh yang terbebankan. Bila anda ming ke kiri, posisi ini akan membebankan jantung dengan berat tubuh anda. Posisi tidur miring terbaik adalah dengan punggung sedikit melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah perut. Gunakan Bantal pada bagian kepala dan leher, bila perlu sisipkan bantal disela-sela kaki agar terasa lebih nyaman. Posisi seperti ini membuat anda nyaman dan tidak ada organ tubuh yang terbebankan dengan berat tubuh anda sehingga metabolisme tubuh yang tetap bekerja tidak akan terganggu. Posisi seperti ini juga tidak akan membebankan tekanan pada tulang punggung anda, serta proses ekspirasi dan inspirasi pada mekanisme pernafasan tidak akan terganggu. Posisi kaki yang menekuk akan memperlancar dalam proses pembuangan gas-gas sisa dalam usus yang keluar dalam bentuk “kentut”. Untuk diketahui bahwa keluarnya kentut menandakan lancarnya metabolisme dalam usus kita.
       Bila anda tidak terbiasa untuk tidur miring dan terpaksa tidur dengan posisi terlentang, selain bantal pada kepala dan leher maka gunakanlah bantal pada dengkul kaki untuk mengurangi beban punggung pada bagian bawah.
       Posisi yang tidak dianjurkan dan tidak sehat ialah posisi tidur tengkurap, hal ini karena menyebabkan organ-organ tubuh yaitu terutama jantung dan paru-paru serta perut harus menahan berat tubuh sehingga organ-organ tersebut harus bekerja ekstra. Bila terpaksa tidur dengan posisi ini sebaiknya gunakan bantal yang tipis saja pada daerah kepala agar leher tidak tertekan, tambahkan pula bantal pada daerah pinggang agar perut dan dada sedikit terangkat sehingga kerja jantung, paru-paru dan usus kembali normal.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatkan
Pastikan tempat tidur anda bersih agar tidak merasakan gatal, gunakan bantal yang empuk dan tidak terlalu keras, kenakan baju tidur yang tipis untuk menjaga temperatur tubuh terutama pada bagian organ vital, matikan lampu kamar atau gunakan lampu tidur saja agar suhu kamar tidak meningkat, dan minum air yang cukup untuk menjaga cairan tetap terpenuhi saat tidur.

                Tidur adalah sebuah kenikmatan yang berharga bagi kita, jangan sampai tidur kita menjadi sia-sia dan terlewati begitu saja. Marilah mulai memperhatikan bagaimana seharusnya tidur kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan kenyamanan saat kita terjaga. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.!!


0 komentar:

Posting Komentar