Kamis, 03 Mei 2012 | By: Choliday_21

Waspadai Kandungan Pada Ice cream dan Cokelat


                Apakah anda seorang penggila ice cream..? atau seorang penggemar cokelat..?.., bila jawabannya “Iya” maka anda perlu waspada dengan diri anda karena sejatinya ice cream memiliki dampak periodik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda, apalagi ice cream yang membawa kandungan zat yang sebaiknya tidak menumpuk di tubuh kita. Beberapa kandungan pada cokelat dan ice cream yang perlu diwaspadai:
1.       Gula yang berlebih
Sudah kita ketahui bahwa ice cream dan cokelat itu terasa manis, yang paling nyata dan paling dikhawatirkan adalah jumlah gula dalam ice cream dan cokelat yang berlebih. Belum lagi bila gula yang menjadi bahan pencampur ice cream dan cokelat itu adalah gula buatan. Sementara tingginya asupan gula buatan yang diterima oleh tubuh menyebabkan kadar gula meningkat dan itu sangat beresiko timbulnya penyakit semacam diabetes, gangguan tekanan darah, dan obesitas. Pada anak-anak akan menyebabkan perasaan cemas, sulitnya berkonsentrasi, hiperaktif dan juga obesitas di usia dini.

2.       Zat Aditif sebagai pengawet
Ice cream dan cokelat bisa di simpan dalam waktu yang cukup lama dalam lemari es. Baik ice cream maupun cokelat memiliki bahan utama yaitu susu, yang mana kita ketahui susu memiliki kepekaan terhadap waktu karena cepat basi. Lalu mengapa cokelat dan ice cream mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama..? disinilah peran bahan-bahan kimia berupa pengawet, dengan pengawet kimia ini ice cream dan cokelat pun bisa tetap terlihat segar dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan ice cream dan cokelat.., bahan pengawet kimia ini bukan membuat tubuh kita terus sehat, tapi justru akan mengganggu kesehatan kita. Contoh bahan pengawet adalah natriubenzoat, natrium nitrat, asam sorbat, dan yang paling berbahaya adalah boraks dan formalin. Terlalu banyak mengkonsumsi zat pengawet akan mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit serta gangguan pada hati dan otak.

3.       Pewarna dan Perasa Buatan
Bila kita melihat ice cream dan cokelat memang memiliki tampilan yang sangat menarik, terutama ice cream yang tersedia dalam aneka macam rasa. Tidak dipungkiri penggunaan pewarna memang mampu membuat kita tergoda dengan penampilan si ice cream. Namun, dibalik pewarna buatan itulah yang bisa membuat kita merasakan reaksi alergi, asma, dan hiperaktif terutama pada anak kecil.

4.       Kafein
Kafein paling banyak ditemukan pada teh dan kopi. Namun, kadar kafein pada cokelat juga terhitung cukup banyak yaitu setiap satu ons cokelat mengandung sekitar 20 mg kafein. Kafein merupakan zat kimia yang tergolong sebagai alkaloid. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah berlebih dapat memicu produksi hormon penyebab stress dan meningkatkan tekanan darah.

5.       Bahan yang Berasal dari Hewan (Gelatin)
Gelatin merupakan zat yang berasal dari tulang hewan, dan yang berbahaya adalah zat gelatin yang berasal dari tulang babi. Gelatin babi biasanya digunakan sebagai bahan untuk menstabilkan, memekatkan dan sebagai pengental pada ice cream, itulah kenapa ice cream yang menggunakan gelatin babi akan terasa kental dan lebih lembut. Namun, ice cream yang terasa lembut tersebut dapat menyebabkan kanker hati dan alergi dalam jangka waktu tertentu, terutama pada anak-anak.


                Memang sangat sulit bagi kita untuk memilih dan memilah ice cream dan cokelat yang sehat dan tidak menimbulkan berbagai penyakit karena pada kemasan cokelat dan ice cream itu sendiri tidak dijelaskan secara detil uraian bahan untuk membuatnya. Mungkin menjadi pilihan yang bijak bila kita tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering mengonsumsi cokelat dan ice cream. Cara lain yang bisa dilakukan mungkin kita bisa beralih menjadi seorang vegetarian.
                Kesehatan merupakan tabungan yang paling berharga untuk masa depan.., mulailah prioritaskan kesehatan anda..semoga bermanfaat..!!

0 komentar:

Posting Komentar